Ini Tips Cara Membuat Catatan Aesthetic Keren

9 minutes reading
Tuesday, 16 May 2023 12:04 0 59 admin

Catatan Aesthetic adalah istilah yang merujuk pada catatan yang dirancang dengan elemen-elemen visual yang menarik dan estetis. Biasanya, catatan-catatan ini menggunakan tipografi yang kreatif, kombinasi warna yang harmonis, gambar atau ilustrasi yang estetis, dan tata letak yang artistik. Tujuannya adalah untuk membuat catatan menjadi lebih menarik secara visual dan memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan saat membacanya.

Catatan Aesthetic dapat digunakan untuk berbagai tujuan, seperti catatan kuliah, jurnal pribadi, atau bahkan catatan presentasi. Dengan merancang catatan dalam gaya estetis, Anda dapat meningkatkan kreativitas, motivasi, dan kesenangan dalam menggunakannya.

Beberapa alat yang dapat membantu Anda dalam membuat catatan aesthetic adalah pensil warna, stabilo, marker, stiker, washi tape, atau bahkan aplikasi desain grafis digital yang memungkinkan Anda membuat tata letak yang kreatif.

Namun, penting untuk diingat bahwa estetika adalah subjektif, jadi apa yang dianggap sebagai catatan aesthetic dapat bervariasi antara individu. Yang terpenting adalah menemukan gaya yang sesuai dengan preferensi pribadi Anda dan menggabungkan elemen desain yang memberikan kepuasan visual.

Tips Membuat Catatan Aesthetic Keren

1. Gunakan Highlighter

Tentu, penggunaan highlighter dapat menjadi elemen yang menarik dalam catatan aesthetic. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan highlighter dalam catatan.

Gunakan highlighter untuk menyorot informasi penting atau poin kunci dalam teks Anda. Ini membantu membuatnya lebih menonjol dan mudah dilihat saat membaca catatan.

Catatan Aesthetic Mengunakan Highlighter (Clearnotebooks.com)

Gunakan highlighter dengan berbagai warna untuk membuat kode warna. Misalnya, Anda dapat mengasosiasikan setiap warna dengan jenis informasi tertentu seperti tanggal penting, definisi, ide penting, atau tugas yang harus dilakukan.

Buat poin penting atau daftar dengan menggunakan highlighter. Anda dapat membuat poin-poin tersebut menonjol dengan menggunakan warna yang berbeda untuk setiap poin.

Selain hanya menggarisbawahi teks, Anda dapat menggunakan highlighter untuk membuat ilustrasi sederhana, doodle, atau pola yang menarik. Ini dapat memberikan sentuhan artistik pada catatan Anda.

Anda juga dapat mencoba menggabungkan highlighter dengan pensil warna untuk menciptakan efek visual yang lebih kaya. Misalnya, Anda dapat menggunakan pensil warna untuk menggambar gambar atau mengisi area tertentu, kemudian menyorotnya dengan highlighter.

Ingatlah untuk tetap mengutamakan keterbacaan dan kejelasan dalam catatan Anda. Gunakan highlighter secara bijak dan sesuai dengan konteks informasi yang ingin Anda sampaikan.

2. Gunakan Font Huruf yang Berbeda-beda

Penggunaan font huruf yang berbeda-beda dapat memberikan sentuhan estetis pada catatan Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan font huruf yang berbeda dalam catatan Anda:

Gunakan font yang sesuai dengan tema dan suasana hati catatan Anda. Misalnya, font bergaya vintage untuk catatan dengan tema retro, atau font berserif elegan untuk catatan yang lebih formal.

Gunakan font yang berbeda untuk judul, subjudul, atau bagian penting dalam catatan Anda. Ini membantu membuatnya lebih menonjol dan mudah dibedakan dari teks biasa. Pastikan font-heading yang Anda pilih tetap mudah dibaca dan sesuai dengan gaya keseluruhan catatan.

Foto: Font Huruf Estetis (Pinterest.com/stabilo)

Cobalah menggabungkan dua atau lebih font yang berbeda untuk menciptakan kontras dan variasi visual. Misalnya, gunakan font serif untuk teks utama dan font script untuk kata kunci atau kutipan penting.

Meskipun variasi font dapat memberikan keindahan pada catatan Anda, pastikan untuk memilih font yang mudah dibaca. Pastikan ukuran font cukup besar dan warna kontras dengan latar belakang.

Meskipun Anda menggunakan font yang berbeda-beda, penting untuk menjaga konsistensi dalam penggunaannya. Pilih beberapa font yang saling melengkapi dan gunakan secara konsisten di seluruh catatan Anda untuk menciptakan kesatuan visual.

Perlu diingat bahwa keterbacaan tetap menjadi faktor yang penting dalam membuat catatan. Pastikan bahwa font yang Anda pilih tetap memudahkan pembaca dalam membaca dan memahami isi catatan Anda.

3. Gunakan Spidol atau Pulpen Warna-warni

Penggunaan spidol atau pulpen warna-warni dapat memberikan sentuhan yang menarik dan estetis pada catatan Anda. Ini beberapa tips untuk menggunakan spidol atau pulpen warna-warni dalam catatan.

Gunakan spidol atau pulpen warna-warni untuk menyorot judul dan subjudul dalam catatan Anda. Ini akan membuat mereka lebih menonjol dan mudah dibedakan dari teks biasa.

Gunakan spidol atau pulpen warna-warni untuk membuat kode warna. Anda dapat mengasosiasikan setiap warna dengan jenis informasi tertentu atau kategori tertentu dalam catatan Anda. Misalnya, gunakan warna tertentu untuk tanggal penting, warna lain untuk definisi, dan sebagainya.

Foto: Pulpen Warna-Warni (Stabilo.com)

Gunakan spidol atau pulpen warna-warni untuk menandai poin penting atau bagian yang ingin ditonjolkan dalam catatan Anda. Anda dapat membuat poin-poin tersebut menonjol dengan menggunakan warna yang berbeda untuk setiap poin.

Selain hanya memberikan sorotan warna, Anda juga dapat menggunakan spidol atau pulpen warna-warni untuk membuat ilustrasi sederhana atau doodle. Ini akan memberikan sentuhan artistik pada catatan Anda.

Jika Anda menggunakan lebih dari satu warna, pastikan untuk memilih kombinasi warna yang harmonis dan tidak saling bertabrakan. Anda dapat mencoba berbagai kombinasi warna atau merujuk pada panduan warna online untuk mencari kombinasi yang menarik secara visual.

4. Buatlah Gradasi Warna

Membuat gradasi warna dalam catatan Anda dapat memberikan efek visual yang menarik dan estetis. Berikut beberapa tips untuk membuat gradasi warna dalam catatan

Langkah pertama adalah, tentukan palet warna yang ingin Anda gunakan untuk membuat gradasi. Anda dapat memilih beberapa warna yang saling melengkapi atau memilih warna yang berbeda dalam skala intensitas yang sama.

Foto: Weekly Plan (Pinterest.com/mashaplans)

Mulailah dengan membuat latar belakang gradasi menggunakan spidol atau pulpen warna-warni. Pilih dua atau lebih warna dari palet Anda, lalu gunakan tangan Anda atau spons untuk mengaplikasikan warna dengan gerakan melintang atau memutar.

Selain spidol atau pulpen, Anda juga dapat menggunakan pensil warna untuk membuat gradasi. Mulailah dengan menggunakan pensil warna yang lebih terang sebagai dasar, lalu tambahkan lapisan pensil warna yang lebih gelap secara perlahan untuk menciptakan gradasi yang halus.

Selain latar belakang, Anda juga dapat menerapkan gradasi pada teks atau ilustrasi dalam catatan Anda. Gunakan spidol atau pulpen warna-warni dengan gerakan perlahan untuk menciptakan efek gradasi pada elemen-elemen tersebut.

Selain spidol, pulpen, atau pensil warna, Anda juga dapat mencoba teknik lain untuk menciptakan gradasi warna, seperti akrilik, cat air, atau bahkan pengeditan digital jika catatan Anda dalam format digital.

5. Tambahkan Aksen atau Simbol Lucu

Menambahkan aksen atau simbol lucu dalam catatan Anda dapat memberikan sentuhan yang kreatif dan menyenangkan.

Tambahkan stiker atau sticky notes dengan gambar atau simbol lucu di sekitar catatan Anda. Pilihlah stiker atau sticky notes dengan desain yang sesuai dengan tema atau suasana hati catatan Anda.

Foto: Catatan Aesthetic dengan Ilustrasi (Inspirationfeed.com)

Tambahkan ilustrasi sederhana atau doodle lucu untuk mempercantik catatan Anda. Anda tidak perlu menjadi seorang seniman yang terampil; hanya dengan beberapa garis dan bentuk sederhana, Anda dapat menciptakan ilustrasi yang menggemaskan.

Tambahkan emoji atau emotikon yang relevan dengan isi catatan Anda. Anda dapat menggambarnya secara manual atau menggunakan emoji yang tersedia dalam aplikasi catatan digital.

Cari dan gunakan font unik yang memiliki karakter atau simbol lucu. Beberapa font kreatif dapat memiliki simbol-simbol yang menggemaskan atau lucu untuk menggantikan karakter biasa.

Tambahkan aksen dengan menggunakan washi tape atau paperclip khusus dengan desain yang menarik dan lucu. Anda dapat menempelkannya di tepi catatan atau menggunakannya untuk menandai halaman tertentu.

Pastikan aksen atau simbol yang Anda tambahkan tidak mengganggu keterbacaan dan pemahaman isi catatan. Gunakan dengan bijak dan sesuai dengan gaya dan tema catatan Anda.

6. Gunakan Tipe Kertas atau Latar Background yang Unik

Menggunakan tipe kertas atau latar background yang unik dalam catatan Anda dapat memberikan tampilan yang menarik dan estetis.

Gunakan kertas dengan pola atau desain yang menarik sebagai latar belakang catatan Anda. Pilih pola yang sesuai dengan tema atau suasana hati catatan Anda, seperti bunga, garis-garis, kotak-kotak, atau motif lainnya.

Foto: Kertas Catatan Berwarna (Pinterest.com/annieepm)

Gunakan kertas bertekstur untuk memberikan dimensi tambahan pada catatan Anda. Pilih kertas dengan tekstur seperti kertas kraft, kertas linen, atau kertas anyaman.

Gunakan kertas dengan warna-warni yang cerah atau lembut sebagai latar belakang. Anda dapat memotong kertas sesuai ukuran catatan Anda atau menggunakan kertas lipat untuk membuat halaman tambahan.

Gunakan kertas dengan gambar atau ilustrasi sebagai latar belakang. Anda dapat mencari kertas yang telah memiliki gambar atau ilustrasi yang sesuai dengan tema catatan Anda, atau bahkan mencetak gambar atau ilustrasi sendiri di kertas putih biasa.

ika Anda menggunakan aplikasi catatan digital, Anda dapat mengganti latar belakang dengan gambar atau pola yang unik. Beberapa aplikasi menyediakan pilihan latar belakang yang beragam, atau Anda dapat mengunggah gambar sendiri sebagai latar belakang.

Pastikan tipe kertas atau latar background yang Anda pilih tetap memungkinkan keterbacaan dan kontras dengan teks atau elemen lain dalam catatan. Eksperimen dengan variasi tipe kertas atau latar background untuk menemukan gaya yang sesuai dengan preferensi dan estetika pribadi Anda.

Inspirasi Catatan Aesthetic

Inspirasi untuk membuat catatan aesthetic yang menarik dapat bervariasi tergantung pada preferensi dan gaya pribadi. Berikut adalah beberapa ide inspirasi catatan aesthetic:

  1. Buat tema berdasarkan warna: Pilih satu atau beberapa warna yang Anda sukai dan gunakan sebagai tema utama dalam catatan Anda. Sesuaikan tampilan dengan menggabungkan nuansa yang serasi dan harmonis.
  2. Gunakan ilustrasi atau doodle: Tambahkan ilustrasi atau doodle unik ke dalam catatan Anda. Anda dapat membuat gambar sederhana yang mencerminkan topik atau isi catatan, atau menggambarkan karakter lucu untuk memberikan sentuhan pribadi.
  3. Buat kumpulan kutipan inspiratif: Kumpulkan kutipan inspiratif dari buku, lagu, atau tokoh terkenal yang Anda sukai. Tuliskan kutipan tersebut dalam catatan Anda dengan menggunakan font yang menarik dan tempatkan di tempat yang mudah dilihat.
  4. Gunakan stiker atau washi tape: Hiasi catatan Anda dengan stiker atau washi tape yang sesuai dengan tema atau suasana hati catatan tersebut. Gunakan stiker lucu, stiker simbol, atau washi tape dengan pola unik untuk memberikan aksen visual yang menarik.
  5. Buat kolase: Gunakan potongan gambar dari majalah, brosur, atau kertas lainnya untuk membuat kolase dalam catatan Anda. Susun gambar-gambar tersebut secara kreatif dan tambahkan elemen lain seperti teks atau doodle untuk menciptakan komposisi yang menarik.
  6. Gunakan tata letak yang kreatif: Eksperimen dengan tata letak yang tidak konvensional dalam catatan Anda. Buat huruf besar, rapi, atau bahkan bergelombang untuk judul atau subjudul. Atur teks secara simetris, asimetris, atau dalam bentuk unik lainnya untuk menciptakan tampilan yang menarik.

Ingatlah bahwa inspirasi dapat datang dari mana saja, jadi jangan takut untuk mencoba ide-ide baru dan mengeksplorasi kreativitas Anda sendiri dalam membuat catatan aesthetic.

LAINNYA